Kamis, 24 April 2014  

situs LIPI »  

» DEPAN
» ARTIKEL
» INFORMASI
» e-BERKAS
» FORMASI
» LAMARAN
» STATUS
» ARSIP

L O G I N
nomor lamaran :

kata-sandi :

 

» lupa kata-sandi ?


- PENGADAAN CPNS LIPI 2009 -

Tanggapan atas surat pembaca : Seleksi CPNS LIPI Bermasalah

Berikut adalah surat pembaca di Koran Jakarta (29 Oktober 2009) terkait dengan Pengadaan CPNS LIPI TA 2009. Tanggapan ini telah dikirim juga ke Koran Jakarta sebagai bagian dari hak jawab LIPI, khususnya Panitia Pengadaan CPNS LIPI TA 2009.


SAYA sudah dua kali mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI), yakni pada 2008 dan 2009. Untuk kedua kalinya, saya kecewa dengan panitia CPNS LIPI, karena prosesnya tidak fair . Bayangkan, untuk apa peserta yang ikut dalam tes ujian tertulis kalau dinyatakan lulus pun tidak diikutkan pada seleksi selanjutnya (wawancara). Aneh kan ?

Lalu apa bedanya peserta yang lulus dengan yang tidak lulus dari tes tertulis, jika keduanya tidak ada kelanjutannya? Apa fungsi tes ujian? Apa alasan panitia seleksi CPNS LIPI sehingga tidak menindaklanjuti semua peserta yang dinyatakan lulus?

Inilah, tidak ada proses seleksi yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan. Kalau panitia beralasan pada pemeringkatan nilai ujian, seharusnya tidak perlu dinyatakan lulus ujian kalau mereka tidak diikutkan pada seleksi selanjutnya (wawancara). Panitia juga terbuka mengumumkan urutan peserta ujian lulus beserta hasil ujiannya jika pihak panitia mengaku terbuka. Panitia juga tidak bisa beralasan pada kecocokan bidang kompetensi, sebab semuanya sudah melewati tahapan verfikasi administrasi sebelumnya.

Hal ini ditambah adanya kelalaian panitia yang memaksakan tes tertulis ratusan peserta pada 17 Oktober 2009 di Gedung Blok A lantai 4, dengan ruangan tanpa AC dan gelap. Ruangan itu hanya dilengkapi lampu berukuran R5/10 watt. Peserta tes di ruangan itu jelas dirugikan.

Dewi Lusiana
Alamat lengkap di redaksi


Tanggapan dari LIPI : “Klarifikasi terhadap Surat Pembaca”

Dengan hormat,

Berkenaan dengan Surat Pembaca atas nama Dewi Lusiana di Kolom Ruang Pembaca yang diterbitkan Koran Jakarta pada hari Kamis, 29 Oktober 2009 di halaman 4 dengan judul “Seleksi CPNS LIPI Bermasalah”, kami ingin mengklarifikasi beberapa hal yaitu:

  1. Sistem penerimaan CPNS LIPI merupakan sistem penerimaan online dengan sistem online melalui Sistem Informasi Penerimaan CPNS LIPI (SIPC) yang bisa diakses publik di http://www.cpns.lipi.go.id. Sistem SIPC yang berbasis web dinamis ini memungkinkan seluruh proses dilakukan secara online dan transparan bagi semua pihak terkait (pelamar, panitia/LIPI, dan masyarakat).
  2. Setelah dicek, ternyata pengirim surat pembaca atas nama Dewi Lusiana tidak ditemukan, atau dengan kata lain tidak pernah melamar sebagai CPNS LIPI baik pada tahun 2008 maupun 2009.
  3. Pelamar dan publik bisa melakukan pengecekan langsung melalui http://www.cpns.lipi.go.id mengenai pelamar dan tahapan proses rekrutmen CPNS LIPI.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengharapkan dapat meluruskan informasi tersebut melalui terbitan berikutnya.

Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami mengucapkan terimakasih.

Catatan :

    Panitia Pengadaan CPNS LIPI membuka diri bagi publik yang ingin melakukan konfirmasi dengan langsung mengunjungi atau menghubungi LIPI melalui Biro Organisasi Kepegawaian LIPI, Gd. Sasana Widya Sarwono (lt. 8), Jakarta 12710.

Penjelasan dari LIPI (Koran Jakarta, 7 november 2009)

Berkenaan dengan surat pembaca di Harian Koran Jakarta edisi Kamis, 29 Oktober 2009, berjudul “Seleksi CPNS LIPI Bermasalah”, kami perlu menjelaskan dua hal.

Pertama, sistem penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) LIPI merupakan sistem penerimaan online melalui Sistem Penerimaan CPNS LIPI (SIPC) yang bisa diakses publik di http//www.cpnslipi.go.id. Sistem SIPC yang berbasis web dinamis ini memungkinkan seluruh proses dilakukan secara transparan dan terbuka bagi semua pihak terkait (pelamar, panitia/LIPI, dan masyarakat) sehingga semua tahapan proses dapat dilihat di web tersebut.

Kedua, setelah dicek, ternyata pengirim surat pembaca di Harian Koran Jakarta aras nama Dewi Lusiana tidak pernah melamar sebagai PNS LIPI, baik pada 2008 maupun 2009.Kami mengharapkan surat ini dapat meluruskan hal tersebut.

Bagian Humas LIPI
Murti Martoyo

» versi cetak
revisi terakhir : 02/12/09 - 18:29 WIB

  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2004-2014 LIPI